Lokasi Debat Pilkada Surabaya Dipindahkan Demi Keamanan

Lokasi Debat Pilkada Surabaya Dipindahkan Demi Keamanan

Beberapa waktu ke depan Indonesia akan melangsungkan acara Pilkada di beberapa daerah. Sebelum menggelar acara Pilkada tersebut para paslon harus melangsungkan serangkaian acara Pilkada. Salah satu acara tersebut adalah melangsungkan acara debat Pilkada. Debat Pilkada akan dilangsungkan secara live sehingga siapa saja bisa menyaksikannya walaupun tidak secara langsung. Acara debat kali ini datang dari Surabaya. Acara Pilkada Surabaya tengah memasuki acara debat Pilkada untuk para paslon.

Pelaksanaa debat Pilkada Surabaya diwarnai dengan pemindahan lokasi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengambil keputusan untuk memindahkan lokasi debat pilkada dengan alasan keamanan. Keputusan ini diambil setelah melalui berbagai pertimbangan baik dan buruknya pelaksanaan debat. Kabar dipindahkannya lokasi pemilihan umum ini disampaikan oleh anggota KPU Surabaya yakni Subarini. Subarini mengatakan bahwa debat yang awal mulanya akan digelar di sebuah hotel akan dipindahkan ke lokasi yang baru. Acara ini juga akan ditampilkan secara langsung agae masyarakat bisa mengikuti acara debat tersebut.

Dimana lokasi debat yang baru? Lokasi untuk acara debat tersebut akan dialihkan ke Dyandra Convention Center yang terletak di Jalan Basuki Rahmat. Keputusan pemindahan lokasi ini telah melalui evaluasi dan telah melalui koordinaai dari berbagai pihak termasuk kepolisian. Alasan utama dipindahkannya tempat debat Pilkada tersebut tidak lain karena fakor keamanan. Lokasi pertama yakni hotel dianggap memiliki sisi keamanan yang lebih sulit untuk dikontrol. Dialihkannya lokasi debat ke Dyandra Convention Center dianggap sebagai pilihan yang tepat.

Pandemi Covid-19 Menjadi Alasan Dipindahnya Lokasi Debat

Lokasi Debat Pilkada Surabaya Dipindahkan Demi Keamanan

Kabar akan dipindahkannya lokasi debat Pilkada menjadi perhatian banyak pihak terutama untuk para pengamat politik. Banyak yang penasaran mengenai alasan dipindahkannya lokasi debat tersebut. Memang alasan utama dipindahkannya lokasi debat karena faktor keamanan. Namun faktor keamanan tersebut diperkuat dengan keadaan yang masih berada di tengah wabah corona. Alasan satu ini juga semakin mendukung lokasi debat dipindahkan.

Dipindahkannya lokasi debat karena masih berada di tengah pandemi Covid-19 sangat menjadi pertimbangan. Jika menjadikan hotel sebagai tempat berlangsungnya debat yang ditakutkan adalah adanya pendukung dari salah satu paslon yang datang ke acara debat yang mengaku sebagai tamu hotel. Demi bisa masuk ke acara debat tersebut para pendukung bisa mengaku sebagai tamu hotel. Mencengah para tamu hotel untuk masuk tentu saja tidak mudah.

Alasan keamanan yang lebih sulit dijaga tersebut membuat keputusan untuk memindahkan lokasi debat semakin kuat. Tidak hanya memindahkan lokasi ke tempat yang lebih aman namun oara peserta debat juga diwajibkan menggunakan masker. Saat ini menggunakan masker menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pelaksanaan di tengah wabah virus corona mengharuskan kegiatan bedat dibatasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dipilihnya lokasi baru yakni di Dyandra Convention Center sebagai tempat debat Pilkada, lokasi tersebut lebih mudah untuk diawasi. Ketika ada orang asing datang ke tempat debat maka lebih mudah untuk diawasi. Bahkan jika tidak ada kepentingan maka orang asing dilarang masuk. Penjagaan disekitar lokasi debat dijaga dengan sangat baik. 

Hotel Menjadi Tempat Debat Pilkada Surabaya Sebelumnya

Lokasi Debat Pilkada Surabaya

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa hotel menjadi tempat pelaksanaan debat Pilakda Surabaya yang pertama. Komisi Pemilihan Umum Surabaya sudah menggelar acara debat publik Pilkada Surabaya yang pertama di sebuah Hotel Marriott. Acara debat tersebut sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Acara debat Pilkada ini diikuti oleh dua paslon. Pasangan yang maju ke acara Pilkada tersebut adalah Eri Cahyadi dengan pasangannya Armuji yang merupakan pasangan nomor urut 1.

Pasangan nomor urut 1 ini berasal dari PDI Perjuangan dan mendapat dukungan dari PSI. Pasangan ini juga mendapatkan tambahan kekuatan dari sejumlah partai politik dari non parlemen. Partai yang mendukung paslon ini tidak lain adalah Partai Bulan Bintang, Partai PKPI, Partai Hanura, Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Pasangan ini memiliki saingan yang cukup kuat dimana memiliki dukungan dari berbagai pihak.

Pasangan kandidat nomor 2 yakni ada Machfud Arifin dengan pasangannya Mujiaman. Pasangan kandidat ini merupakan pasangan yang diusung oleh 8 partai. 8 partai tersebut adalah PKB, PPP, PAN, Golkar, Demokrat, NasDem, PKS, dan Gerindra. Selain itu pasangan ini juga mendapat dukungan dari partai non parlemen yakni paratai Perindo.

Setelah pernyataan akan dipindahkannya lokasi debat Pilkada tidak lagi di hotel maka keamanan bisa lebih dimaksimalkan. Kabar akan dipindahkannya lokasi debat telah diketahui seluruh calon kandidat debat Pilkada. Lokasi baru untuk menggantikan hotel memiliki tingkat kemanan yang lebih baik dibandingkan tempat debat sebelumnya. Kabar ini lantas menyita perhatian banyak pihak terutama para pengamat politik. Debat Pilkada ini akan mendapat sorotan dari berbagai pihak terutama pengamat politik.

Written by