Inilah Tema yang Diangkat di Debat Pilkada Banjarmasin

Inilah Tema yang Diangkat di Debat Pilkada Banjarmasin

Tema debat Pilkada Banjarmasin sama seperti debat Pilkada di wilayah lain yang disorot banyak pihak. Tema debat menjadi bagian terpenting di dalam sebuah acara debat Pilkada. Pemilihan tema untuk debat kedua acara Pemilihan Kepala Daerah di Kota Banjarmasin dianggap sangat tepat. Apa sebenarnya tema yang diangkat di acara debat Pilkada kali ini? Tema yang diangkat adalah seputar pembangunan kota.

Tema mengenai pembangunan kota yang akan diserasikan antara kawasan perkotaan dan provinsi dengan tingkat nasional sangat menarik isi dari debat. Tema tersebut harus disampaikan oleh para paslon yang mengikuti debat Pilkada. Ada empat paslon yang nantinya akan bernarasi mengenai pembangunan kota tersebut. Tema ini disampaikan langsung oleh Komisioner KPU dari Kota Banjarmasin. Kabarnya debat dengan tema kota akan dilangsungkan selama kurang lebih dua jam. Sama seperti debat Pilkada lainnya, debat ini juga akan ditayangkan secara live untuk disaksikan semua orang.

Acara debat Pilkada ini akan dilangsungkan di Studio 2 TVRI Kalimantam Selatan. Debat akan di mulai dari pukul 20.00 hingga sampai 22.00 Wita. Berbagai persiapan tengah dilakukan untuk bisa melangsungkan acara debat dengan lacar. Persiapan yang dilakukan pada acara debat ke dua ini tidak jauh seperti acara debat yang pertama. Persiapan pada acara debat kedua ini dilakukan dengan lebih maksimal.

Persiapan Menjelang Acara Debat Pilkada Banjarmasin

Inilah Tema yang Diangkat di Debat Pilkada Banjarmasin

Demi kelancaran debat Pilkada ke dua ini maka berbagai acara seperti gladi bersih bersama tim paslon juga telah dilakukan. Gladi bersih ini akan memaksimalkan penampilan dari para paslon yang akan maju ke Pilkada kota Banjarmasin. Persiapan debat kota Banjarmasin ini tidak jauh berbeda dengan persiapan yang dilakukan di kota lainnya terkait masih berada di tengah pandemi Covid-19. Penyelenggaraan debat Pilkada ini tetap dilakukan walaupun masih adanya wabah corona.

Debat Pilkada tahun ini sedikit berbeda dengan debat Pilkada di tahun sebelumnya. Mengingat masih berada di tengah pandemi Covid-19 maka tidak semua tim kampaye diperbolehkan masuk ke dalam ruang debat. Orang – orang yang diperbolehkan masuk dibatasi karena alasan keamanan. Oramg yang diperbolehkan masuk ke dalam ruang debat adalah pasangan paslon dan 4 tim dari kampanyenya saja. Hanya itu saja orang yang diperbolehkan untuk masuk ke dalam ruangan debat.

Selain itu pada acara debat Pilkada kali ini tim kampanye juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan atribut. Penjelasan mengenai pelaksanaan Pilkada kota Banjarmasin disampaikan langsung oleh Taufiqurrahman. Namun Taufiq juga memberi penjelasan bahwa pada tim kampanye tetap bisa menyaksikan acara debat tersebut menggunakan layar lebar yang sudah disediakan di luar ruangan. Para tim kampanye yang ingin menyaksikan acara debat kedua paslon tersebut di lokasi yang sama maka bisa memanfaatkan layar lebar tersebut.

Untuk keperluan dokumentasi para wartawan juga tetap diperbolehkan masuk ke dalam ruang debat namun dengan cara bergantian. Setiap wartawan diberikan waktu sekitar 5 menit dan bergantian dengan wartawan lainnya. Persiapan yang dilakukan secara matang ini tidak lain demi bisa menjalankan acara Pilkada dengan lancar. Persiapan ini tidak jauh berbeda dengan persiapan debat Pilkada di lokasi lainnya. Pandemi Covid-19 masih menjadi hal penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi penyebaran virus lebih luas.

Empat Paslon Maju di Acara Debat Pilkada Banjarmasin

Debat Pilkada Banjarmasin

Debat Pilkada kota Banjarmasin kali ini diikuti oleh empat paslon. Empat paslon ini akan melakukan debat Pilkada untuk menunjukan kemampuan bernarasinya masing – masing. Mengenai empat paslon ini, tiga paslon merupakan pasangan yang diusung oleh sebuah partai koalisi. Sedangkan untuk satu partai paslon menggunakan jalur perorangan. Empat paslon ini nampaknya memiliki caranya masing – masing dalam menjalankan debat Pilkada kali ini.

Empat paslon tersebut adalah Abdul Haris Makkir dengan pasangannya Ilham Nor dari partau PPP, Gerindra, PBB, dan Hanura. Pasangan Ibnu Sina dengan Arifin Noor dari PDI-P, PSI, PKB, dan Demokrat. Pasangan Ananda dengan Mushaffa merupakan pasangan dari partai Golkar, PKPI, Nasdem, Perindo, PAN, dan PKS. Sedangkan untuk pasangan Khairul Saleh dengan Habib Ali Al Habsyi merupakan pasangan dari jalur perorangan. Itulah empat paslon yang akan maju di debat Pilkada kota Banjarmasin. Penampilan ke empat paslon ini akan menjadi perhatian banyak pihak.

Debat Pilkada menjadi debat yang sangat menentukan dipilihnya sosok Kepala Daerah kota Banjarmasin. Para warga Banjarmasin akan menggunakan acara debat Pilkada tersebut untuk bisa menemukan sosok pemimpin yang paling tepat. Melalui debat tersebut warga bisa memberikan penilaiannya sendiri untuk setiap paslon. Dengan tema pembangunan kota harapannya para paslon bisa menyampaikan narasinya dengan tepat. Menguasai medan debat termasuk penguasaan materi menjadi hal penting untuk diperhatian setiap paslon.

Written by